2016-05-30

Bisakah Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga Menghilangkan Tenggorokan Kering?

"Larutan penyegar cap kaki tiga menghilangkan sariawan, tenggorokan kering, dan bibir pecah-pecah."
Jika diamati sepintas, kalimat di atas tampaknya bukanlah merupakan kalimat yang salah. Namun, jika kita ingin teliti, kalimat tersebut sesungguhnya tidak bernalar. Kalimat (1) merupakan kalimat majemuk setara. kalimat majemuk setara dapat dibagi-bagi menjadi beberapa kalimat tunggal. Jika kalimat tersebut dibagi menjadi beberapa kalimat tunggal, hasil pembagiannya adalah sebagai berikut.

1a) Larutan penyegar cap kaki tiga menghilangkan sariawan.
1b) Larutan penyegar cap kaki tiga menghilangkan tenggorokan kering.
1c) Larutan penyegar cap kaki tiga menghilangkan bibir pecah-pecah.

Sebelum dijelaskan ketiga kalimat tunggal di atas, ada baiknya penulis jelaskan terlebih dahulu arti kata menghilangkan. Kata menghilangkan merupakan kata yang berjenis kata berimbuhan. Artinya kata ini terdiri atas kata dasar hilang dan imbuhan meN- (morfem bebas dan terikat). Kata hilang menurut KBBI (1996:352) bermakna ‘tidak ada lagi; lenyap; tidak kelihatan’, sedangkan prefiks meN- pada kata menghilangkan bermakna ‘membuat jadi…’. Dengan demikian, kata menghilangkan bermakna ‘membuat jadi hilang’. Sekarang cermatilah ketiga kalimat tunggal yang telah disebutkan di atas!

Kalimat 1a) termasuk kalimat yang bernalar karena yang dihilangkan adalah sariawan, yaitu semacam luka pada selaput lendir di daerah mulut. Namun, perhatikan kalimat 1b).

1b) Larutan penyegar cap kaki tiga menghilangkan tenggorokan kering.

Kalimat 1b) ini merupakan kalimat yang tidak bernalar karena yang dihilangkan adalah tenggorokan kering, bukan kering tenggorokan.  Dengan kata lain, jika dikatakan bahwa larutan penyegar cap kaki tiga menghilangkan tenggorokan kering, berarti yang menjadi hilang adalah tenggorokan. Kasus yang sama juga terjadi pada kalimat 1c).

Pada kalimat tersebut yang hilang adalah bibir pecah-pecah atau yang menjadi tidak ada lagi, lenyap adalah bibir. Jelas sekali bahwa kalimat ini tidak bernalar. Seharusnya, menghilangkan pada kalimat (1) di atas diganti menjadi mengobati, seperti pada kalimat berikut.

(1a) Larutan penyegar cap kaki tiga mengobati sariawan, tenggorokan kering, dan bibir pecah-pecah.[]

1 comment:

Komentarilah dengan Bijak dan Rekonstuktif. Terima Kasih atas Komentar Anda!