2016-01-15

Telinga dan Kuping Samakah?

Dalam ilmu kedokteran, singkatan THT (telinga hidung dan tenggorokan) tentu tak asing lagi bagi kita. THT merupakan bidang ilmu kedokteran yang khusus menangani masalah yang terjadi pada telinga, hidung, dan tenggorokan. Dokternya disebut spesialis THT.
Bagi kita barangkali timbul pertanyaan, mengapa yang digunakan pada singkatan itu adalah telinga, bukan kuping. Bukankah telinga dan kuping maknanya sama saja sehingga telinga pada singkatan itu dapat diganti dengan kuping?
Dalam pengertian umum, telinga dan kuping maknanya sama saja. Namun, bila dipumpunan pada suatu bidang ilmu tertentu, yaitu kedokteran, telinga dan kuping jelas-jelas berbeda. Perbedaannya dapat dilihat dari segi letaknya. Telinga, dalam ilmu kedokteran, letaknya di bagian dalam. Adapun kuping letaknya pada bagian luar atau sering disebut daun telinga. Itulah sebabnya dokter spesialisnya disebut dokter telinga hidung tenggorokan.
Lengan dan tangan dalam ilmu kedokteran juga berbeda. Lengan adalah bagian anggota dari ketiak sampai ke pergelangan tangan, sedangkan tangan merupakan bagian telapak tangan dengan jari-jarinya.[]

3 comments:

Komentarilah dengan Bijak dan Rekonstuktif. Terima Kasih atas Komentar Anda!