2015-12-17

Alumni atau Alumnus?



Dalam pemakaian bahasa Indonesia sehari-hari, ada dua kata pungutan dari bahasa Latin yang acapkali digunakan secara bergantian, yaitu alumni dan alumnus, misalnya pada judul berita http://news.metrotvnews.com/Alumni Al Azhar Bunuh Diri Menggunakan Pisau Dapur” atau www.tempo.co “Alumnus UGM yang Tewas Dibunuh Itu Dikenal Ulet dan Pekerja Keras”

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah kedua kata itu bermakna sama sehingga dapat dipakai secara bergantian dalam kalimat?
Untuk menjawab pertanyaan itu perlu kita ketahui dulu makna kedua kata itu.

Kata alumni adalah bentuk jamak (plural) dari alumnus. Alumni menunjukkan banyak orang, sedangkan alumnus adalah bentuk tunggal (singular) yang hanya menunjukkan satu orang saja. Dengan kata lain, alumni adalah para alumnus atau kumpulan alumnus.

Berdasarkan makna tersebut, sewajarnyalah bila kita perlakukan kedua kata itu sesuai dengan makna yang dikandungnya. Jadi, kata alumni yang digunakan pada “Alumni Al Azhar Bunuh Diri Menggunakan Pisau Dapur” tidak tepat karena yang dimaksud bunuh diri dalam berita itu hanya satu orang. Maka, kata alumnus lebih tepat digunakan seperti pada judul berita yang kedua di atas, yaitu “Alumnus UGM yang Tewas Dibunuh Itu Dikenal Ulet dan Pekerja Keras”

Lantas, perlukah kata alumnus itu diulang bila yang dimaksudkan adalah dua orang. Bila kasusnya seperti ini, sebaiknya gunakanlah seperti dalam kalimat yang dicontohkan oleh J.S. Badudu, pakar bahasa, berikut ini.

-            Pak Widjojo Nitisastro dan Pak Ali Wardhana masing-masing adalah alumnus Universitas California, atau
-            Pak Widjojo Nitisastro dan Pak Ali Wardhana keduanya adalah alumni Universitas California.

No comments:

Post a Comment

Komentarilah dengan Bijak dan Rekonstuktif. Terima Kasih atas Komentar Anda!