2013-07-26

Kh’èp dan Kh’op

Safriandi, S.Pd., M.Pd.
[Tabloid The Atjeh Times]

Ada banyak nama bèe ‘bau’ dalam bahasa Aceh, misalnya bèe anyi/hanyi, chu’eng, khôh, kh’èp, kh’op, angèk, banga, phong, meuh’öng, hanggôi, dan ceungèh.
Setiap bèe memiliki arti dan ranah pemakaian masing-masing oleh penutur. Sebut saja misalnya bèe anyi/hanyi. Bèe anyi/hanyi berkaitan dengan segala sesuatu yang berbau anyir, misalnya dalam kalimat ‘That anyi lagoe bèe kah’ atau ‘Anyi bak glinyung narit nyan’.

Bèe-bèe yang disebutkan di atas juga memiliki tingkatan penggunaannya jika ditinjau dari kualitas bèe. Bèe yang dimaksud adalah bèe kh’èp dan bèe kh’op. Kedua bèe itu sama-sama bermakna ‘bau basuk’. Namun, jika dihierarkikan, kh’èp menempati posisi di bawah kh’op karena kualitas kh’op jauh lebih keras daripada kh’èp.
 
Telur yang baunya menyengat atau tidak begitu menyengat, dalam bahasa Indonesia, cukup disebut telur ‘busuk’. Namun, dalam bahasa Aceh tidaklah demikian. Jika baunya ‘busuk’, bau telur disebut bèe kh’èp, tetapi jika baunya ‘teramat sangat busuk sekali’, disebut bèe kh’op. Hal yang sama juga berlaku untuk bau mulut. Mulut yang baunya tidak begitu busuk disebut bèe kh’èp, tetapi jika baunya ‘teramat sangat busuk sekali’, disebut bèe kh’op. Jadi, bau mulut orang yang berpuasa dapat disebut sebagai bèe kh’èp jika baunya tidak begitu busuk, tetapi dapat disebut bèe kh’op jika baunya ‘teramat sangat busuk sekali’. []

2 comments:

Komentarilah dengan Bijak dan Rekonstuktif. Terima Kasih atas Komentar Anda!